HARDWERE DAN SOFTWERE
DISUSUUN OLEH
NAMA : NURLITA DAENG NGAI
NPM : 1341040016
JURUSAN : BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI
IAIN RADEN INTAN LAMPUNG
BAB II
PEMBAHASAN
HARDWERE DAN SOFTWERE
A.
HARDWERE
1.
Pengertian
Hardwere
Pengertian dari
hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat
keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa
dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi
untuk mendukung proses komputerisasi.[1]
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan
ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set.
Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka
hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh
pemberi perintah.
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu
kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini
termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi yaitu :
1.
Perangkat masukan (Input device)
Perangkat
masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar
ke dalam komputer[2]. Contoh
perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, Process device
adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control
section), dan sebagainya.[3]
2. perangkat keluaran (Output device)
Perangkat
keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan,[4]
misalnya monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy
drive, CD ROM, Magnetic tape dan sebagainya.
3. Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat
pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data meliputi unit
pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)[5]
Storage internal memory terdiri dari
RAM dan ROM
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen
Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum
ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner
Card, Modem, Capture Card .
2.
Contoh-Contoh
Hardwere
a)
Perangkat masukan (Input device)
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang
paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat
berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1) QWERTY
2) DVORAK
3) KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. special function key.
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor
secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding
dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi
telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
Sinyal-sinyal listrik sebagai input
device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol,
umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak
tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik
(Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang
ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan
diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser.
Drag ini akan mengakibatkan objek akan
berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol
kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double
click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2,
usb dan wireless.
c.
Tochpad
Unit masukkan ini biasanya dapat
kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad
adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
|
Pointing
Stick
d.
Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, imana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
e.
Joy Stick
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam
bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket
atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya
dengan barcode.
contoh barcode
g.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang
dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian
disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan
dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin
fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas
sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu
sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat
disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner
untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar
jawaban komputer.
Scanner
yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN
IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum
dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut
Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran
adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi
dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau
menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat
ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader),
dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban
komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan
DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat
menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat
menggunakan kertas biasa.
h. Kamera
Digital
Perkembangan teknologi telah begitu
canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini
dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih
baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.
Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan
dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera
digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil
dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk
file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital
yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis
kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan
gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon
dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk
merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau
untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun
dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan
mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics
Pads
Teknologi Computer Aided Design
(CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan
menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk
menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua
jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan
memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat
permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.
Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
b)
Process device (unit Pemrosesan)
a. Power
Supplay
Lower supplay menyediakan arus
listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan
menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power
supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang
disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk
pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika
komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
b.
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random
Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau
RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat
penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai
data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi
informasi.
c.
Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video
adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan
tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen
elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa
kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti
menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4,
FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang
membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
d. Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang
biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah
komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer
untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan
menjalankan sistem operasi Anda.
e. Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah
papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard
biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras
seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain
dihubungkan. Motherboard yang banyak ditemui
dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan
dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
c) Output
device ( Unit
keluaran )
a. Monitor
Monitor komputer adalah salah satu
jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik,
dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil
adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki
berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran
monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan
menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor.
Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar
dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar
(flat).
b.
Printer
Printer
merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi
untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada
media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot
metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
c. Speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan
speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik
ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk
selaput.
d) Backing Storage ( unit penyimpanan)
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk
drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di
dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh
salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk
yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50
piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai
1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data
yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan
listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan
untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam
perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun
memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya
dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di
luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang
mendukung.
e)
Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang
termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain
Modem
Pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi.
Pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi.
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
1)
Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung
pada motherboard komputer.
2)
Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di
slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
3)
Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya
disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
B. SOFTWERE
1)
Pengertian Softwere
Pengertian
software secara harfiah adalah piranti lunak; perangkat lunak; program
komputer. Istilah baku software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak.
Software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komuter
dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan
bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip
lainnya.
Selain itu, software juga merupakan data elektronik yang
disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini
dapat berupa program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun
catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang
dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan
logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut
juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. pengolahan pada software
ini melibatkan beberapa hal, di antaranya adalah sistem operasi, program, dan
data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat
dimengerti oleh mesin komputer.
Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa
diartikan sebagai sesuatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan
oleh televisi, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi.
Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam di atas kaset atau compact
disc (CD), data di atas kertas , serta cerita ataupun uraian yang ada di dalam
sebuah buku.
Software adalah komponen dalam data processing system yang
berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah
software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan
yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di
artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan
komputer dan peralatannya.[6]
Kebanyakan masyarakat saat ini membagi komputer menjadi dua
bagian . Bagian pertama adalah hardware yang merupakan perangkat fisik yang ada
di dalam komputer. Dan bagian yang kedua adalah software komputer, yang
memberitahukan hardware mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana
melakukannya. Apabila diibaratkan bahwa komputer adalah makhluk hidup, maka hardware
adalah tubuhnya seperti mata untuk melihat, paru-paru untuk bernapas dan bagian tubuh
lainnya, sedangkan perangkat lunak atau software diibaratkan sebagai
kepintarannya, seperti memproses gambar yang dilihat mata, memerintahkan tangan
untuk mengangkat objek, dan memaksa tubuh untuk menarik nafas dengan
menggunakan paru-paru.
Hardware Komputer, menjadi bagian dari mesin, dan hanya
mengerti dua konsep dasar yaitu menyala (on) dan mati (off), konsep on dan off
tersebut dinamakan binary. Software komputer dikembangkan agar binary dapat
menjadi jalan untuk memberitahukan komputer hardware dalam melakukan tugasnya.
Software Komputer menterjemahkan dan mengarahkan pengguna komputer agar
mengerti mengenai apa yang dapat dilakukan oleh komputer hardware.
Sebagian besar dari software komputer dibuat oleh programmer
dengan menggunakan bahasa pemrograman. Programer menuliskan perintah dalam
bahasa pemrograman seperti layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada
umumnya dalam melakukan perbincangan. Perintah-perintah tersebut dinamakan
“Source Code”. Program komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada
source code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat
dimengerti oleh komputer. Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).
2)
Jenis Softwere
Software komputer dibagi menjadi dua kategori utama yaitu
sistem software dan software aplikasi. Sistem software menyajikan program yang
dapat mengijinkan hardware berjalan dengan semestinya. Software aplikasi
menyediakan program yang mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping
menjalankan hardware. Contohnya
adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.
Menurut cara memperolehnya, software dapat dibedakan menjadi
beberapa jenis. Jenis pertama adalah freeware. Software yang bersifat freeware
dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta
pengguna. Maksudnya, meskipun kita menggunakan freeware tersebut kita tidak
boleh melanggar hak cipta atas software tersebut, misalnya penggandaan untuk
orang lain atau menggunakan software tersebut untuk kepentingan lain. Biasanya
freeware didistribusikan tanpa disertai dengan kode program yang bersangkutan.
Lalu jika kita tidak perlu membayar, apa tujuan si pembuat freeware? Tujuan
yang jelas adalah untuk promosi. Baik itu promosi diri sendiri (untuk
programmer perorangan) ataupun promosi produk (untuk developer kelas kakap).
Tujuan lain yang mungkin adalah untuk mendapatkan masukan dari pengguna dan ada
pula (walaupun jarang ditemui) yang bertujuan untuk membobol sistem seseorang.
Beberapa contoh freeware adalah Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner, dan masih
banyak lagi.
Jenis yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software
yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka
waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan
menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak
menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan
fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti
freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan pembuatan shareware
cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software tersebut sebelum
dibeli oleh pengguna. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window
Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
Ketiga, propietary software. Intinya, propietary software
itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin
menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh
hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan kembali, mengotak-atik
program, dan software ini tidak disertai dengan kode sumber.
Jenis keempat yang mulai populer adalah open source
software. Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open source software memberikan
kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan
medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah.
Biasanya software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam
pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk
tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa
bermanfaat bagi para pengguna. Beberapa contoh open source software misalnya
Pidgin, qGo, Inkscape, gimp, dan masih banyak lagi.
ü Xing MPEG Player memutar CD, VCD
ü Linguist kamus bahasa inggris
ü Winamp memutar lagu - lagu MP3
ü Total Fonts 2002 koleksi jenis huruf
ü Microsoft Word pengetikan
ü Microsoft Excel pembuatan tabel –
table
ü Microsoft Front Page pembuatan web
site
ü Microsoft Power Point pembuatan
presentasi
ü Microsoft Outlook pengaturan jadwal,
email, nbr tlp, dll
ü Adobe Acrobat Reader program pembaca
dokumen tutorial
ü LinSys 3D gambar 3 dimensi
ü Winzip program kompres file (
memperkecil ukuran )
ü Macromedia Dreamweaver pembuatan web
site
ü Macromedia Flash pembuatan gambar
animasi
ü Macromedia Free Hand pembuatan
gambar
ü Visual Studio komputer programming
ü Microsoft Web Publishing pengiriman
data website ke dunia internet
ü Corel Draw pembuatan gambar
ü ACD See melihat - lihat gambar
ü Swish pembuatan animasi
4)
Identifikasi Jenis-Jenis Software Aplikasi
a.
Sistem Operasi
Sistem
operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat
booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Terdapat 2 jenis sistem operasi berdasarkan tampilan
antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang berbasis CUI
(Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User Interface). Sistem
operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem) dan Sistem Operasi
UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan sistem operasi
berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP, serta sistem
operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
b.
Program Bantu dan Program Tambahan
Program
bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau
menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan
Norton Utilities merupakan contoh dari program ini. Salah satu dari kelemahan
DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan. Oleh karena itu beberapa
perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS tersebut
(single user atau stand alone system) menjadi sistem operasi yang dapat
digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware, Token R ing dan Lantastic
merukan contoh-contoh program ini.
c.
Bahasa Komputer (Computer Language)
Computer
Language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer.
Disebut bahasa karenacomputer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang
harus ditaati oleh pemakainya.
Yang termasuk
dalam jenis ini adalah :
1.
Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan
hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa
mesin assembly language
2.
High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan
kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL,
FORTRAN, dsb.
Ada pula beberapa tipe software,
diantaranya :
a)
Software Games
b)
Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment
atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut
seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action
games, roleplaying games, and game petualangan.
Software Driver
Software Driver
Program
in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware
tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
c)
Software Pendidikan
Berbeda dengan jenis program
sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer,
melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis
pendidikan lainnya seperti kimia.
d)
Media player dan pengembangan software media lainnya
Software yang dibuat untuk dapat
memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
e)
Software Produktifitas
Jenis
software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam
menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari
software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur
database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
f)
Operating system
Software yang merupakan sumber dari
software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh
dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux,
Apple, Machintos dll, dan pada software inilah program aplikasi lainnya di
install.
g)
Software Aplikasi
Software yang diinstal pada komputer
yang sesuai dengan os yang ada, dimana software aplikasi ini diinstal sesuai
dengan kebutuhan User (Pengguna) contohnya, MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms
Power Point dll), Software Grafis (Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll)
h)
Software Program
Software yang berfungsi untuk
membuat aplikasi-aplikasi program (Membuat Program baru) seperti program Games,
Program data Base, Program Web dll, Contoh Software Program : Visual Basic,
Cobol, C++, Program PHP dll.
i)
Software Aplikasi Tools
Program-program yang berfungsi untuk
mempercepat, memperbaiki, dan mempermudah pengoperasian computer
5)
Bahasa
Pemrograman
Software ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna
aplikasi ini biasa disebut dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman
antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat.
Bahasa pemograman yang digunakan saat ini adalah bahasa tingkat tinggi atau
bahasa generasi ke empat. Bahasa jenis ini lebih mudah dipahami, karena
menggunakan bahasa manusia seperti bahasa inggis. Contoh software ini, al;
Visual Basic, Visual Foxpro, Java dsb.
SISTEM
OPERASI
Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa
Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas
untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi
dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program
pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan
pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan.
Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan,
dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software
itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori,
skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak
perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan
dilakukan oleh Sistem Operasi.
Bagian kode yang
melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan
"kernel" suatu Sistem Operasi. Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada
semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum
aplikasi-aplikasi software terinstall. Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau
dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem
yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi
dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program
pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan
pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan.
Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan,
dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software
itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori,
skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak
perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan
dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan
umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka
Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software.
Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting
dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan
secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software
lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan
lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan
secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga
sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk
menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi
menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain
dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program
baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1.
Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2.
Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3.
Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input
dari pengguna
4.
Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi
dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5.
Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus
untuk mengontrol mereka.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi
saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem
Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu
yang bersamaan. Sistem
Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya
keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar
dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem
Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi
manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS,
sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS.
Sebagai
contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux,
Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan sebagainya.
Seiring
dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi
layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network
dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem
Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan
program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar
layanan inti umum akan terus bertambah.
Program
saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman
Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan
API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi.
Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User,
program juga
berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.
berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.
Walaupun
demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada
program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya
bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan
generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara window program
tersebut dengan program yang lain.
Sistem Operasi saat ini.
Sistem
operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC,
komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1.
Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari
Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows
95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0,
Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven)
yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada
tahun 2014)).
2.
Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi
POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution),
GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan
nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3.
Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple
yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac
OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5
(Leopard). Sedangkan komputer Mainframe, dan
Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda,
umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh
vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
PROGRAM APLIKASI
Prosesor
mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem
komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap
detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.
Program
adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan
proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam
rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering
membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada
satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian
saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap
beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian
dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini
sangat menghemat pemakaian memori.
Beberapa
sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang
lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar
sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat
menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem
prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity
yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu,
kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya.
Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor
menjalankan beberapa proses secara bersamaan.
Setiap
proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control
Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda
pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status
proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori.
Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa
sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas
lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu
dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi
dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap
proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga merubah
nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki
kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang
sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai
prioritasnya).
Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
1. Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
2. Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
3. Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas.
Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
1. Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
2. Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
3. Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas.
Structured Programming
Sturctured
programming berurusan dengan penggunaan blok sturktur, state procedure call,
dan beragam konstruksi loop yang sesuai. Kita dapatkan mantra baru untuk
ini:”go to considered harfull”(kita mencari hal yang diperkirakan
salah/merugikan)
Ide yang cukup jelas untuk memberikan pengetahuan/pengertian terhadap flow kontrol program dengan mudah, agar program disusun secara terstruktur dan transparan. Penulis berpendapat bahwa ide dari structured programming telah terintegrasi pada semua metodologi yang muncul setelahnya.
Ide yang cukup jelas untuk memberikan pengetahuan/pengertian terhadap flow kontrol program dengan mudah, agar program disusun secara terstruktur dan transparan. Penulis berpendapat bahwa ide dari structured programming telah terintegrasi pada semua metodologi yang muncul setelahnya.
Object oriented Programming
Metodologi
Object Oriented Programming (OOP) berkembang dari ide structrured programming.
OOP mengatur komplesitas software dengan memaketkan kode dan data yang biasa
digunakan bersama. Biasanya kita samakan dengan object pada dunia nyata. pada
OOP, kita kadang kadang memodelkan object dunia nyata(ex: menulis program
simulasi, ketika pertamakali konsep OOP dikembangkan) sebagai object software
dan juga sebagai model benda non-material seperti prosess, cara mengorganisasi
informasi dan lain sebagainya sebagai object software.
Sebuah
object software dapat menjaga internal statenya sendiri. Hal ini sangat berbeda
dengan program terstruktur yang kodenya bisa terstruktur dan dapat dimengerti
dengan mudah, tetapi global data yang dipakai bersama terdapat pada semua
bagian sistem software-termasuk didalamnya bagian tanpa kebutuhan untuk akses
atau modifikasi data tersebut.
Design Patterns
Manusia
selalu menggunakan pola dalam dunianya. Seperti seorang anak yang berpikir
bahwa temannya yang mempunyai kebiasaan pola belajar yang baik akan mendapat
nilai yang baik pula. ketika kita belajar memasak, kita mungkin akan berpikir
pertamakali seperti kebiasaan pola memasak untuk menyiapkan resep dan bahan
sebelum memulai memasak, kemudian kemudian sering mencoba mencicipi makanan
setelah ditambahkan bumbu.dan lain sebagainya.
Pada
pengembangan software, penggunaan design patern didasarkan pada observasi bahwa
beberapa proyek software gagal sementara proyek yang mirip berhasil (hal ini
dapat berupa pola managemen, pole penjadwalan, pola testing dll). pada desain
software, penggunaan pola didasarkan pada observasi lebih lanjut pada pola
desain umum untuk tugas yang hampir sama digunakan berulangkali untuk proyek
yang berhasil.
Extreme Programming
Extreme
programming didasarkan pada identifikasi kebutuhan kostumer dan berkonsentrasi
pada pengembangan dan pembuatan kebutuhan pelanggan (kostumer) dengan cepat.
menggunakan desain sederhana untuk berkomunikasi dengan pelanggan, pengembang
extreme secara teratur mengembangkan software dengan prioritas pada keperluan
yang paling penting.
Extreme
programming merupakan pendekatan yang berbeda dengan skenario tradisional yang
memerlukan waktu baik pengembang maupun pelanggan untuk mencoba (biasanya
dengan tingkat kesuksesan yang terbatas) mendokumentasikan secara detail
software yang telah dikembangkan selama beberapa lama waktu yang dihabiskan.
pengembang yang berpengalaman mengerti bahwa implementasi yang ter-stag secara
positif berpengaruh pada proses desain. extreme programming secara special
efektif ketika kebutuhan kompleks dan tidak memerlukan hal seperti sebelumnya.
ketika
kita belajar UML, kita akan melihat beberapa detail kasus-kasus user yang
secara lengkap menerangkan aspek individu bagaimana orang akan menggunakan
sistem software. extreme programming menggunakan suatu hal yang dinamakan
dengan “Cerita User”(user stories) yang dibuat oleh pelanggan untuk menjelaskan
persepsinya terhadap sistem yang akan dibangun. cerita user kemudian digunakan
untuk mendefinisikan perkiraan waktu pengembangannya, dan membantu
mendefinisikan test yang terotomasi yang akan digunakan serta digunakan baik
untuk pengembangan maupun untuk test penerimaan pelanggan (acceptance test).
Extreme
programming biasanya dideskripsikan sebagai sebuah phrase yang cukup berarti
bagi penulis: test driven programming. menulis kode test sebelum menulis kode
aplikasi. kemudian menulis software cukup untuk memenuhi unit test. tidak
diijinkan untuk mengubah kode software sebelum seluruh test unit dilalui.
gunakan tools seperti JUnit (www.junit.org) untuk menulis test yang terotomasi.
Aspect oriented Programming
Ide utama
dibalik aspect oriented programming (AOP) adalah pemisahan konsentrasi sistem
software pada bagian yang berbeda. pada prinsipnya, pilosofi ini mengijinkan
pengembangan sistem yang lebih modular, dengan modularitasnya terkontrol oleh
konsentrasi pengembangan yang berbeda. untuk programmer java, direkomendasikan
untuk mencari AspectJ project (eclipse.org/aspectj).
BAB III
KESIMPULAN
Pengertian dari hardware atau dalam
bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah
satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu
kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini
termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi yaitu , Perangkat masukan (Input device), perangkat keluaran (Output device), Perangkat pengolah data (Processor), Backing Storage ( unit penyimpanan), Periferal ( unit tambahan).
Pengertian software secara harfiah
adalah piranti lunak; perangkat lunak; program komputer. Istilah baku software
dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak. Software adalah kumpulan
beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komuter dalam menjalankan
pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi mesin
komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Software merupakan komponen dalam data processing system yang berupa
program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah
software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan
yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di
artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan
komputer dan peralatannya. Adapun jenis softwere yaitu Operating
Sistem dan Sistem Aplikasi. Contohnya seperti Ms. Oficce, Mozilla Firefox,
Opera Mini, Photo Shin, PhotoShop, dll.
DAFTAR PUSTAKA
Admin.2011.Pengertian Hardware
(Perangkat Keras) Komputer. Sumber :
Hartanto, KT. 2007 Teknologi
Informasi dan Dunia Pendidikan. Sumber :
Juniwati. Pemanfaatan Teknologi
Informasi dalam Dunia Pendidikan. Sumber :
Muslim. ICT Dalam Pendidikan.
Sumber :
http://:tutomu.files.wordpress.com/2007/02/ict-dalam-pendidikan.pdf
Priyanto, P. Implikasi IT di
Dunia Pendidikan. Sumber :
Raymond McLeod and George P.schell. 2007.Sistem
Informasi Manajemen.
Jakarta: PT. Indeks.
Romansyah, Roma. 2009. Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi di
bidang Pendidikan di Indonesia. Sumber :
Triono, L. 2007 E-learning.
Sumber :
Wahid, F. Simposium Nasional
Peduli Pendidikan. Sumber :
Rina, Softwere atau Perangkat lunak, (website
: softwareinstalasi.blogspot.com, 2012),
0 Response to "MAKALAH HADRWERE DAN SOFTWERE"
Posting Komentar